Friday 19 August 2016

Seminar dan Workshop Gebyar TIK 2016 BTIKP Kalsel

Selamat pagi!!
Di Sabtu yang ceria ini saya akan bercerita mengenai ketidakhadiran saya pada tanggal 9-10 . Cerita di mulai di semester 2 kemarin. Waktu itu ibu Rini memberitahukan mengenai event Gebyar TIK Kalsel 2016. Karena penasaran saya coba untuk membuka situs tersebut cek. Ternyata ada lomba blog. Kebetulan, ada blog ada lomba yuk mari di coba. 
Nothing to loose rite? Jadi setelah daftar, saya nyaris lupa mengenai lomba tersebut sampai akhirnya ada teman yang memberitahukan bahwasanya ada nama saya sebagai peserta seminar dan workshop Gebyar TIK dengan tema "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK menuju Sekolah Berbatik". Seminar dan workshop tersebut diadakan di Balai Teknologi dan Informasi (BTIKP) yang beralamatkan di Jl. Perdagangan Komplek Bumi Indah Lestari 2 No 100 C Banjarmasin. Atau kalian bisa telusuri website BTIKP di btikp.org 
Hanya saja website tersebut sudah tidak bisa diakses padahal website masih terpampang di buku saku yang dibagikan saat seminar dan workshop berlangsung. Kalian bisa coba membuka situs ini yang menjadi semacam pengganti dari website resmi BTIKP. 
Jadi seminar dan workshop diadakan selama dua hari bertempat di aula atas BTIKP. Itu untuk tempat seminar dan workshop. Untuk tempat istirahat peserta seminar dan workshop ada di hotel Pesona tidak jauh dari BTIKP. Untuk peserta lomba blog dan website sekolah beristirahat di tempat berbeda, yaitu tetap di BTIKP. Memang pada tanggal 9-10 Agustus tersebut selain seminar dan workshop juga ada pengumuman pemenangan kuis Ki Hajar serta lomba blog dan website sekolah. 
Pada tanggal 9, saya berangkat bersama Pak Sumarna cek blog sini dan Pak Yoel cek blog sini . Kami berangkat pukul 6 dan sampai di BTIKP pukul 10. Setelah registrasi, kami menuju ke hotel pesona. Pukul 16.00 kami kembali ke BTIKP untuk pembukaan. 
Acara seminar dan workshop diawali dengan sambutan oleh ketua panitia Dra. Nurhuda Yetti, M.Pd dilanjutkan sambutan dari Bapak Drs.H. Iriansyah, M. Si. 
Sambutan dari Ketua Panitia
Seminar dan Workshop resmi dibuka oleh Bapak Iriansyah
Acara selanjutnya adalah Motivasi diri melalui Media Angklung oleh Bapak Joko Nugroho dari Saung Angklung Mang Udjo. Acara ini keren dan menarik. Setiap peserta diberi satu buah angklung untuk memainkannya secara bersama-sama dengan arahan dari Bapak Joko. 
Poin penting yang saya tangkap dari sesi ini adalah agar kita menjadi pribadi yang berintegritas. Mau ada pemimpin atau tidak lakukan pekerjaan atau kewajiban kita dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya bekerja ketika ada pemimpin ketika ada bos, selebihnya seenaknya sendiri. Baik, Pak kami akan mencoba menjadi orang yang berintegritas.
Bapak Joko memasuki ruang seminar
Semangat para peserta untuk memainkan angklung gak kalah dari slankers

Bapak Sumarna berfoto bersama Pak Joko
Foto bersama setelah sesi motivasi tidak bisa ditinggalkan
Pada sesi selanjunya, ada Bapak Prof. DR. Suratno dari ULM yang memaparkan mengenai Konsep Dasar Pengembangan Media Pembelajaran. Prof Suratno memberikan informasi bahwa sebenarnya anak SMA itu tidak memerlukan media pembelajaran karena seharusnya sudah mampu berpikir abstrak. Apakah informasi tersebut dapat dipahami bahwa hanya dengan guru berbicara mengenai suatu hal tanpa media, siswa sudah paham? Ini agak berbeda dengan pembelajaran saya selama ini, saya biasanya menggunakan beberapa metode yang memerlukan media, entah ppt, entah games2 lain. 
Bapak Iriansyah juga memeriahkan seminar dan workshop dengan memberikan materi Brain Gym Neurosains. Beliau memberikan gerakan-gerakan untuk menyegarkan badan kembali. Saya akan mempraktikkannya di kelas, gaes..Just wait.Hehe. Selain ada sesi seminar, juga ada sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Kalsel, Bapak Dr. Ngadimun, M. M. Dan taklupa pengumuman pemenang lomba media pembelajaran, blog, dan website sekolah. 
Moderator dan pembicara

Bapak Iriansyah
Bapak Dr. Ngadimun, M. M
Penyerahan hadiah lomba
Sesi foto bersama pemenang lomba
Acara selanjutnya adalah workshop bersama Verly Ananda. Mahasiswa yang juga seorang CEO Grup Shinwa cek blognya sini  dengan Augmented Reality for Learning. Jadi konsepnya seperti permainan Pokemon Go. Dengan menggunakan smartphone dan laptop, gambar 2 D bisa muncul dalam bentuk 3 D! Jadi gak hanya melihat gambar planet Mars saja, tapi juga melihat planet dengan lebih nyata. Menarik sekali ini. Coba kalian lihat blog CEO Verly ini dan cari tahu lebih banyak mengenai Augmented Reality for Learning
 
Moderator Bapak Herlianur Pahdi bersama Verly
Buku panduang Gebyar TIK
Naah, itulah cerita mengenai seminar dan workshop Gebyar TIK. Oiya, di acara yang sama ada juga pengumuman pemenang lomba KI Hajar. Apa itu? Naah, saya dan beberapa teman agak kebingungan ketika tiba-tiba ada pengumuman pemenangn lomba Ki Hajar. Kami sama sekali tidak mengetahui mengenai lomba tersebut. Ternyata di Dinas Pendidikan ada pengumumannya, cuma entah belum atau tidak sampai ke sekolah kami. Sangat disayangkan. Para siswa kehilangan kesempatan untuk ikut lomba Ki Hajar. Coba kalian cek info
Terakhir, bonus dari teacher :)
Bersama Verly. Keren ya teacher Verly-nya
Selanjutnya, saya akan bercerita mengenai Bimtek Peningkatan Kompetensi Layanan Penanganan Anak Kebutuhan Khusus (ABK) di Banjarmasin pada tanggal 14-17 Agustus yang lalu. 
Oiya, untuk tugasnya terimakasih, nak sudah mengerjakan. Selanjutnya, proses KBM akan menggunakan media blog ini karena teacher berhalangan hadir. Terimakasih.
    

1 comment:

  1. saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
    pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
    gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
    kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan
    nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
    angka yang di berikan 4D yaitu 6377 TGL 01-09-2016
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 250.juta
    bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri
    apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
    jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
    ini nomor hp -> (-082-370-357-999-) MBAH SERO
    demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
    atau silahkan buktikan sendiri..

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.