Saturday 13 August 2016

Tugas PKn Kelas XI: Selasa, 16 Agustus 2016

Selamat Pagiii
Teacher masih berhalangan mengajar jadi untuk kelas XI silakan cermati tugas berikut ini:
1. Untuk Kelas XI IPA 3, Silakan lanjutkan mengerjakan tugas pada hari Senin kemarin. 
2. Untuk Kelas XI IPA 2 dan XI IPS 2 silakan buka tautan ini
3. Baca dengan cermat artikel tersebut.
4. Selanjutnya tulis pendapat Anda setelah membaca artikel tersebut. Kaitkan dengan pembelajaran yang sudah kalian dapatkan sebelumnya.
5. Tulis pendapat kalian di kolom komentar dengan disertai nama dan kelas.
 
Terima kasih dan Selamat Mengerjakan 

82 comments:

  1. Nama: M.Al gifari
    Kelas:XI IPA 3
    Menurut saya, janganlah takut bersaing melalui jalur independen(perseorangan), karena dalam jalur independen anda bisa lebih leluasa untuk mengatur dan mengelola wilayah yang anda kuasai, tanpa campur tangan PARPOL. Jadi, dalam pilkada, yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung, melainkan figur calon yang bisa mengembangkan wilayah yang ia kuasai menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Nama:Firdaus Saputra
    Kelas: XI IPA 3
    Menurut saya yang di takutkan pak ahok dalam bersaing di jalur independen adalah takut karena tidak didukung oleh parpol dan banyaknya tekanan dari parpol-parpol itu sendiri , seharusnya pak ahok tidak perlu takut di jalur independen karena fotocopy KTP pendukung jauh melebihi syarat minimal, sedangkan pak ahok sekarang sudah berpindah jalur dari independen ke parpol sehingga apa yang di usahakan di jalur independen menjadi sia-sia dan mengulang dari awal di jalur parpol. Jadi menurut saya yang menentukan kemenangan dalam pilkada bukanlah partai pengusung dan pendukung melainkan figur calon.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Nama: Endras Indrianti
    Kelas: XI IPA 3
    Menurut saya menjelang Pilkada ini banyak berbagai peneliti berkomentar dalam menghadapi Pilkada tsb. Seperti Peneliti senior Toto Sugiarto,menurut dia bentuk politik kali ini mencerminkan politik dalam pilkada ini ketakutan. Contoh seperti Ahok yang merasa tak aman dengan berpindah-pindah dari jalur partai, perseorangan,lalu jalur parpol. Seharusnya dalam Pilkada ini tidak untuk ditunjukkan bagi mengejar kkuasaan,dan dijalankan untuk kepentingan dan memberikan pelayanan kepada publik dan demi tercapainya politik indonesia yang baik. TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  5. Nama: Ni Kadek Ayu D.Y
    Kelas: XI IPA3
    Menurut saya, artikel tersebut termasuk ke dalam pengertian budaya politik yang di kemukakan oleh Alan R.Ball. Ketakutan Ahok dalam pilkada akan menimbulkan kepercayaan bahwa berkoalisi dengan parpol akan mendapatkan dukungan lebih banyak. Tapi sebenarnya jika visi misi dari calon itu baik tidak ada salahnya maju perseorangan. Tindakan Ahok yang tidak konsisten yang beralih maju lewat jalur perseorangan ke berkoalisi dengan parpol akan menimbulkan isu-isu politik. Itu lah pendapat saya, sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Nama : Sandrina putri maelany
    Kelas : XI IPA 3
    Menurut saya seharusnya pilkada itu harus memiliki strategi yang tepat untuk mencapai apa yang di tuju. Ahok bukannya takut itu namanya cerdik, politik itu dinamis selalu bergerak berdasarkan perubahan yang ada.

    ReplyDelete
  7. Nama : Suliztina Nady Shaidah
    Kelas : XI Ipa 3
    jadi, menurut saya tidak masalah jika seorang pemimpin memilih lewat jalur perseorangan. biarpun mereka lewat jalur parpol namun tetap saja bukan jumlah partai pengusung dan pendukung yang menetukan, tetapi figur calon yang dapat membuat daerah yang di pimpinnya lebih baik dari sebelumnya. namun, jika pemimpin itu memilih jalur parpol mungkin ada keuntungan sendiri lewat jalur parpol tersebut. jadi, bagi seorang pemimpin sebaiknya percaya diri dan konsisten dalam mengambil keputusan. sekian dan terima kasih.

    Nama : Umi Nur Khabibah
    Kelas : XI ipa 3
    menurut saya sebaiknya jika ingin menjadi seorang pemimpin harus konsisten tidak plin-plan. harus di putuskan terlebih dahulu ingin perseorangan atau parpol. jika pemimpin tidak konsisten. bagaimana nantinya mau memimpin masyarakat??????????

    Nama : Siti Mahmudah
    Kelas : XI ipa 3
    seharusnya Ahok berdiri pada keputusan awalnya yaitu dengan melaju melalui calon perseorangan bukan melalui parpol. sedangkan parpol yang mendukungnya pun berkoalisi secara asal-asalan.

    Nama : Virgian Agustina
    Kelas : XI ipa 3
    menurut saya, seorang pemimpin harus memiliki jiwa percaya diri, jangan takut maju melalui jalur independen. karena yang menentukan dalam pilkada bukanlah jumlah parpol pengusung dan pendukung, melainkan dilihat dari segi kualitasnya. hal ini menentukan perkembangan DKI Jakarta.sekian dan terima kasih.

    Nama : Rima Melati
    Kelas : XI ipa 3
    menurut saya, sifat pak Ahok tidak konsisten dalam memilih jalur politik untuk mencalonkan dirinya menjadi gubernur Jakarta.dia memilih jalur perseorangan karena takut tidak didukung oleh parpol sedangkan parpol ragu-ragu terhadap calon gubernur yang dia dukung seharusnya pak Ahok tidak boleh egois untuk memilih jalur parpol dan tetap konsisten dalam memilih jalur perseorangan.sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Nama : Syafira Nabillah
    Kelas : XI IPA 3
    Menurut saya pengamat kurang jeli takut kalah duluan. Ahok termasuk cerdik demi kepentingan masyarakat-masyarakat umum. Seharusnya para politik tidak ada kata takut. Karena politik selalu mengikuti perubahan nyata.

    ReplyDelete
  9. Nama : Olivia Tilana
    Kelas : XI IPA 3
    Menurut saya ahok justru paling berani karena seandainya Ahok tidak dihalangi oleh DPR di UU, Kemungkinan pilkada hampir 100% ahok maju di jalur perseorangan.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. NAMA : NUR AINA FADHILAH
    KELAS: XI IPA 3

    Menurut saya politik harus memiliki strategi dalam menghadapi berbagai macam urusan politik ,secara kepartaian pemerintah PDIP adalah partai pemerintah pusat dan pemerintah daerah DKI jakarta . Kekuasaaan DPRD Jakarta dengan voting seperti pilpres 2014,merampas partai pemenang pilkada dan menolak gubernur terpilih yang mendapat dari rakyat DKI Jakarta.Ahok memilih bersaing melalui jalur perseorang karena ia memilih politik cerdik.

    ReplyDelete
  12. Nama : Putri Lutviana dewi
    kelas: XI IPA 3
    menurut saya calon pemimpin harus memiliki pendirian yang kuat karena pendirian yang kuat ini sangat berpengaruh dengan nasib yang akan di pimpin. seharusnya pak ahok yakin dan mampu membuktikan kemampuanya sebagai calon pemimpin entah independen atau pun parpol. karena kemenangan akan datang kepada yang mampu bukan yang mau. sekian dari saya dan terimakasih.

    nama :MILLENIA YASMINE T
    KELAS: XI IPA 3
    Menurut saya sebaiknya ahok lebih percaya diri dan tidak usah takut karena yang menentukan kemenangan dalam pilkada bukan jumlah parpol pengusung tetapi karena figur calon yang menetukanya untuk menjadi pemimpin masyarakat. padahal sebaiknya untuk menjadi pemimpin yang baik harus konsisten dan tetap dan yakin akan keputusanya. sekian dan terimakasih.

    nama: FITRIA MU'MINAH
    KELAS: XI IPA 3
    komentar saya
    di sana di jelaskan bahwa"dengan menggunakan politik kental yang jelas" tetapi, masalh budaya politik yang di sana politik ketakutan. artinya antara pparpol dan ahok sama-sama ketakutan mengajukan pendapat. menurut saya ahok harus tetap bertahan dengan suara pertamanya yaitu lewat perseorangan.
    sekian dan terimakasih

    NAMA: NOR CAHAYA
    KELAS: XI IPA 3
    Komentar saya ahok memilih bersaing jalur perseorangan karena takut tidak di dukung tidak menjadi masalah, karena yang menetukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung melainkan, vigur calon

    NAMA : YULIYANTI SHARTIKA
    KELAS: XI IPA 3
    Komentar saya ahok memilih bersaing melalui jalur perseorangan karena takut tidak di dukung parpol. sebaliknya maju via jalur parpol lantaran takut gagal pada verifikasai dukungan KTP. padahal, lanjut dia, dalam pilkada yang menetukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung melainkan, vigur calon.

    ReplyDelete
  13. NAMA : LILI APRILIANTI
    KELAS : XI IPA 2
    Menurut saya keputusan Ahok untuk merubah jalur independen ke jalur PARPOL itu salah, karena ahok akan kurang leluasa untuk memerintah dan akan selalu mengikutu perintah dari PARPOL.Padahal jika ia tetap mengambil jalan independen ia akan lebih leluasa untuk mengatur dan mengelola wilayah yang dia kuasai.

    ReplyDelete
  14. Nama: Kevin Melliadi Mangunsong
    Kelas: XI IPA 2
    Menurut saya pengamat kurang jeli dengan hal tersebut. Justru partailah yang takut. Pak Ahok termasuk jeli dalam hal kepentingan masyarakat-masyarakat umum. Pak Ahok memilih bersaing melalui jalur perseorangan karena takut tidak di dukung parpol.
    Mereka takut kalau Ahok menang, secara illegal membuat "Koalisi Kekeluargaan" tanpa lewat persetujuan keputusan (DPD dan DPP).Takut kalau kelak kalah jagonya: pakai alasan kuasai, kudeta DPRD Jkt
    Jadi permasalahannya adalah yang menentukan kemenangan dalam pilkada bukanlah partai pengusung dan pendukung melainkan figur calon tersebut.

    ReplyDelete
  15. NAMA : UMI NUR HAPIFAH
    KELAS :XI IPA 2
    menurut saya ahok tidak perlu takut melalui jalur independen(perseorangan) karena seorang pemimpin harus yakin dengan pediriannya masing masing karena setiap pemimpin harus ada pendirian yang kuat , seharusnya pak ahok tidak perlu takut di jalur independen karena fotocopy KTP pendukung jauh melebihi syarat yang ditentukan,dan PARPOL tidak harus ikut campur dalam pilkada tersebut , karena dalam pilkada yang menetukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung melainkan, vigur calon yang yakin dan sesuai dengan visi dan misi calon tersebut sehingga membuat rakyat sejahtera , makmur dan damai .

    ReplyDelete
  16. NAMA : INDAH NOVITASARI
    KELAS : XI IPA 2

    Komentar saya Seharusnya dalam menjalani sisitem politik Ahok harus percaya diri dan tidak berpikiran yang negatif terhadap satuan parpol dalam pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.Dalam pemenangan pilkada tidak ditentukan oleh satuan parpol,melainkan suara rakyat.Rakyat memilih pemimpin yang nantinya akan menjadikan DKI Jakarta lebih maju dan mensejahterakan rakyatnya.
    sekian dan terima kasih

    ReplyDelete
  17. Nama : Ingga Nursanti
    Kelas : XI IPA 2

    Menurut saya seharusnya Ahok jangan berpikiran negatif dulu terhadap parpol,bisa saja parpol justru mendukungnya dalam pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.Keputusan Ahok untuk melalui jalur perseorangan ini menurut saya sia-sia karena yang menentukan terpilihnya kepala daerah bukanlah parpol atau jalur independen,tetapi masyarakat itu sendiri.
    sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
  18. Nama : Liosy Ayu Darmayanty
    Kelas : XI IPA 2
    Menurut saya keputusan Ahok memilih jalur parpol dan meninggalkan jalur independen itu salah, dalam persaingan di jalur independen padahal ia sudah mendapatkan fotocopy KTP pendukung yang jauh melebihi syarat minimal. Karena dalam keputusan ini Ahok kurang dapat berkuasa dalam memerintah dan mengambil setiap keputusan. Alasan Ahok memilih jalur parpol karena takut tidak didukung sebenarnya tidak tepat. karena dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung, melainkan figur calon.
    Sekian dan Terima Kasih

    ReplyDelete
  19. Nama : Hairiyah
    Kelas : XI IPA 2
    Menurut saya, seharusnya Ahok harus percaya diri dan konsisten. dalam kemenangan suatu pilkada bukanlah banyak parpol yang memilih, melainkan figur calon itu sendiri. dan yang terpenting lakukan yang terbaik untuk DKI Jakarta dan pecahkan masalah - masalah yang terjadi di DKI Jakarta.
    sekian dan Terimakasih.

    ReplyDelete
  20. Nama:M.Randika.R.I
    Kelas:XI IPA 2
    Menurut Saya keputusan Ahok untuk merubah jalur independen ke jalur PARPOL itu salah,pilkada itu harus memiliki strategi yang tepat untuk mencapai apa yang di tuju. Ahok bukannya takut itu namanya cerdik, politik itu dinamis selalu bergerak berdasarkan perubahan yang ada,janganlah takut bersaing melalui jalur independen(perseorangan), karena dalam jalur independen anda bisa lebih leluasa untuk mengatur dan mengelola wilayah yang anda kuasai, tanpa campur tangan PARPOL.seharusnya pak Ahok tidak boleh egois untuk memilih jalur parpol dan tetap konsisten dalam memilih jalur perseorangan, bagi seorang pemimpin sebaiknya percaya diri dan konsisten dalam mengambil keputusan.dan menjadi figur calon yang bisa mengembangkan wilayah yang ia kuasai menjadi lebih baik dari sebelumnya. Itu lah pendapat saya, sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  21. Nama: Nurussubah
    Kelas : XI IPA 2
    saya setuju dengan pendapat Pak Toto, karena pilkada itu mencapai kemenangan bukanlah dengan jumlah parpol yang banyak akan tetapi figur calon itu sendiri. sedangkan tindakan Pak Ahok dalam artikel tersebut maju lewat perseorangan ternyata berpindah ke jalur parpol karena takut kalah, padahal beliau sudah mendapatkan fotocopy KTP ( Kartu Tanda Penduduk)yang nyata-nyata melebihi syarat minimal.
    sekian dan Terimakasih.

    ReplyDelete
  22. Ass.wr.wb
    Nama : Lailil Ayu Fitriyah
    Kelas: XIIPA 2
    Seharusnya pak Ahok sebagai gebenur DKI, mencontohkan yang baik,tegas dan teguh dalam pendiriannya.Dan dia harusnya janganlah takut dan pimplang dalam urusan itu yang awalnya ia ingin maju lewat perorangan malahan beliau pindah jalur parpol dikarena beliau takut gagal dalam hal itu. Ada sebuah ungkapan menyatakan "kebehasilan berasal dari kegagalan " jika beliau tidak mau gagal bagaimana dia mendapatkan keberhasil. Dan harusnya pak Ahok janganlah takut karena dalam Pilkada yang menentukan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung melainkan figuran. Dalam blog tersebut terdapat simbol ekspresif yaitu pak ahok merasa ketakutan.
    sekian terimakasih jika ada salah perkataan mohon dimaafkan
    wassalam

    ReplyDelete
  23. NAMA : LAPIONITA YULI ELSA
    KELAS: XI IPA 2
    Menurut saya, keputusan ahok untuk pindah dari jalur independen ke jalur parpol karena dia takut tidak dapat banyak dukungan dari masyarakat. Padahal yang menentukan kemenangan dari pilkada tersebut adalah dari vigur calon bukan dari parpol. dan jika ahok memilih parpol ahok akan kurang leluasa menjalankan visi dan misinya karena dia akan dikuasai oleh parpol itu sendiri.
    sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  24. Nama : Rima Fauzi
    Kelas : XI IPA 2
    menurut saya, Ahok harus yakin dalam mengambil langkahnya lewat jalur perseorangan atau jalur parpol. sebelumnya, Ahok memilih bersaing melalui jalur perseorangan karena takut tidak didukung parpol. tetapi kemudian, berpindah ke jalur parpol, padahal dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah parpol melainkan figur calon itu sendiri.
    sekian dan Terimakasih

    ReplyDelete
  25. NAMA: M.ARIF RAHMAN
    KELAS: XI IPA 2
    menurut saya ahok harus percaya diri dengan keputusannya mengambil jalur independen(perseorangan) karena ahok sudah memenuhi syarat-syarat seperti ia sudah mendapatkan fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) pendukung yang jauh melebihi syarat minimal,dan sebaiknya para pengamattidak ikut campur dalam urusan pilkada tersebut.

    ReplyDelete
  26. Nama: Nanda Hotmatua Sinaga
    Kelas: XI IPA 2
    Menurut saya Ahok bukannya takut,Tapi dia itu cerdas. tetapi parpol yang takut kalah berupaya mengumpulkan kekuatan semaksimal mungkin. Padahal, lanjut dia, dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung, melainkan figur calon.

    ReplyDelete
  27. Nama: M.Norhasim
    Kelas: XI IPS 2
    menurut saya keputusan yang diambil ahok meimilih perseorangan adalah haknya karena ahok sendiri sudah memuhi syarat lewat dukungan KTP masyarakat Jakarta tetapi ia akhirnya berpindah lewat dukungan parpol. namun, pendapat mas Toto ada benar juga bahwa yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai dan pendukung, melainkan figur calon yang bisa memimpin wilayahnya agar menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  28. nama halimatussadiah
    x1 ips 2
    menurut saya ahok menjanji kaan sebuah ktp kpada masyarakat untuk mendapatkan dukungan dan empati masyarakat kembali namun toto mengatakan dukungan yangdi berikan masyarakat sebagian besar bukan karna sogokan ktp yang di berikan ahok masyarakat pun punya keinginan dan pendapat mereka sendiri dengan pilihan yangtelah mereka tetapkan.

    ReplyDelete
  29. NAMA: FIRDA PURNAMA DEWI
    KELAS XI IPS 2
    Menurut saya pak toto tidaklah salah. tetapi saya juga tidak menyalahkan pak ahok, mungkin yang harus diperbaiki adalah kata-kata pak ahok yang berbeda diawal dan berbeda diakhirnya. tetapi kalaupun pak ahok takut, tak ada yang perlu ditakutkan karena dalam pilkada kemenangan bukan terletak di jumlah partai maupun pendukung tetapi di sosok seorang figur calon, apakah figur calonnya baik,ramah,sopan,merakyat, atau sebaliknya seperti cuek,sombong,mementingkan diri sendiri, dan lainnya. itu akan terlihat dan dinilai oleh rakyat.
    sekian pendapat dari saya, terimakasih.

    ReplyDelete
  30. NAMA:HIDAYATULLAH
    KELAS:X1 IPS2

    ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

    Menurut saya meskipun awalnya Ahok mengambil jalur independen(perserorangan)kemudian mengambil jalur parpol tidaklah masalah.
    meskipun Ahok sudah mendapartkan fotokcopy KTP (Kartu Tanda Penduduk).
    Ahok tidak perlu takut mengambil jalur Parpol dalam PILKADA.karena dalam Pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung, melainkan figur calon.

    Sekian dan Terima kasih

    WASALAMUALAIKUM Wr.Wb

    ReplyDelete
  31. NAMA:M.AL AZIS FIKRI SUGANDA
    KELAS:XI IPS2
    Assalamu’alaikum wr. wb
    Menurut saya perpindahan jalur ahok yang pada awal nya memilih jalur perseorangan lalu pindah ke jalu parpol.yah perpindahan ahok ini memang menandakan ketakutan tetapi saya melihat ahok ini ingin nebah peluang kemenangan di pilakada tapi ahok seharunya juga memperlihatkan sosok seorang pemimpin yang pantas, agar rekyat percaya bahwa dia adalah pemimpin yang pantas
    Memimpin mereka denagn cara itu presentasi kemenangan ahok akan bertambah karena menambah kepercayaan rakyak bahwa ahok adalah pemimpin yang baik
    Sekian dari pendapat saya
    Waslamu’alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  32. NAMA : MUHAMMAD ILHAM
    KELAS: XI IPA 2

    Menurut saya keputusan ahok dari jalur independen ( perorangan ) ke jalur parpol itu bukan sebuah ketakutan melainkan sebuah tambahan peluang menang di pilkada tersebut.
    parpol yang takut kalah berupaya mengumpulkan kekuatan semaksimal mungkin. padahal, dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai atau pendukung melainkan figur calon.
    Parpol-parpol ini ketakutan pada tokoh yang menurut mereka amat kuat sehingga, yang mengemuka pada Pilkada DKI Jakarta 2017 adalah bentuk politik ketakutan.

    ReplyDelete
  33. NAMA:RISKY AMELIA
    KELAS:XI IPA 2
    Menurut saya ahok seharusnya percaya diri dan tidak perlu takut untuk tidak di dukung. Karena kemenangan dalam pilkada adalah figur calon,bukan banyak parpol yang memilih.

    ReplyDelete
  34. NAMA:RISKY AMELIA
    KELAS:XI IPA 2
    Menurut saya ahok seharusnya percaya diri dan tidak perlu takut untuk tidak di dukung. Karena kemenangan dalam pilkada adalah figur calon,bukan banyak parpol yang memilih.

    ReplyDelete
  35. NAMA:RISKY AMELIA
    KELAS:XI IPA 2
    Menurut saya ahok seharusnya percaya diri dan tidak perlu takut untuk tidak di dukung. Karena kemenangan dalam pilkada adalah figur calon,bukan banyak parpol yang memilih.

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum wr.wb
    NAMA : RISNI SANGGARIA
    KELAS: XI IPA 2
    Menurut saya dalam politik pilkada DKI memperlihatkan politik ketakutkan berkaitan dengan menurut Alan R.Ball karena kata toto sugiarto menilai politik merasa takut seperti ahok memulih bersaing melalui jalur perseorangan karena takut tidak didukung parpol . Sikap ahok tidak konsisten yang beralih maju lewat jalUr perseorangan berkoalisi dengan melalui parpol yang menimbulkan isu-isu politik. Itulah pendapat menurut saya.
    Sekian terimakasih.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  37. Nama: NURUL MAGHFIRAH
    Kelas: IX IPA III
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya,Ahok seharusnya percaya diri dalam memutuskan langkah politiknya. Karena menurut saya langkah pertama ahok maju lewat perseorangan itu sudah bagus karena ia sudah mendapatkan fotocopy KTP pendukung yang jauh melebihi syarat minimal. Tetapi karena ketidak percayaan dirinya ia mengubah langkah politiknya ke jalur parpol lantaran takut gagal pada verifikasi dukungan KTP untuk perorangan. Padahal dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung,melainkan figur calon itu sendiri dan bagaimana calon itu dapat menjadi pemimpin yang baik dalam mengelola pemerintahannya.
    Sekian dan terimakasih ,wassalam.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Bagus Wahyu Trimukti
      Kelas:XI IPA 2
      Assalamualaikum wr wb
      Menurut analisa saya berubahnya haluan bapak ahok dari jalur indepent (perorangan) ke arah partai politik merupakan politik bapak ahok untuk mendapatkan pulang kemenangan untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Dengan demikian bapak ahok sudah memperoleh dukungan 1 juta ktp dari teman ahok di tambah dukungan dari kader partai politik maka peluang bapak ahok untuk memenangkan pemilihan gubernur DKI Jakarta semakin besar. Dapat di simpulkan bahwa tindakan bapak ahok beralih dari independent ke arah partai politik adalah, politik bapak ahok untuk memperoleh kemenangan di pemilihan gubernur. Sekian terimakasih
      Assalamualaikum wr wb

      Delete
  39. Nama : M.Saufi
    Kelas : XI IPA II
    Assalamulaikum wr wb
    Menurut saya bepindahnya pak ahok dari jalur independent ke parpol adlah keputusan yang tepat, dengan demikian pak ahok dapat memperoleh peluang menang di pilgub dki jakarta, pak ahok sudah mengantongi dukungan dari independent 1 juta ktp dari teman ahok dan dukungan dari parpol, dengan demikian pak ahok mendapatkan peluang besar menang di pilgub dki nanti
    Sekian terimakasih
    Wassalam

    ReplyDelete
  40. Nama:FENNY APRILIA K
    Kelas:XI IPA 2
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya,dalam politik pilkada DKI memang memperlihatkan politik ketakutan seperti penilaian pengamat politik,Toto Suguiarto.Contohnya,pak Ahok yang sebelumnya memilih jalur perseorangan kemudian memutuskan maju via parpol lantaran takut gagal pada verifikasi dukungan KTP.Padahal tidak perlu takut gagal karena dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung,melainkan figur calon itu sendiri.Apakah calon itu dapat menjadi pemimpin yang baik dan membuat rakyat sejahtera serta makmur.Dan menurut saya penilaian yang dilakukan pengamat politik diartikel tersebut merupakan orientasi yang bersifat evaluatif yaitu penilaian berdasarkan nilai dan kriteria.
    Sekian dan terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  41. Nama : MAULIDAH
    Kelas : XI IPA 2
    Assalamualaikum. wr. wb,
    Menurut pendapat saya, Ahok tidak perlu khawatir jika ingin memilih jalur perseorangan karena ia sudah medapatkan fotocopy KTP pendukung yang jauh melebihi syarat minimal.Lagi pula jika ia memilih Parpol belum tentu banyak yang memilih, karena Parpol dilihat dari figur calon itu sendiri bagaimana ia jadi pemimpin yang baik dalam enjalankan pemerintahan.
    Artikel tersebut termasuk kedalam pengertian budaya politik oleh Alan R.Ball yaitu sikap dan kepercayaan berhubungan dengan sistem politik.
    Sekian dan terima kasih,
    Wassalam.

    ReplyDelete
  42. NAMA : PUTRI INDAH LESTARI
    KELAS : XI IPA 2
    Assalammualaikum wr. wb
    Menurut saya, sikap Ahok mencerminkan sikap ragu-ragu dan takut tidak dapat dukungan. awalnya Ahok memilih maju dari jalur independen, tetapi kemudian berpindah ke jalur parpol. Padahal Ahok sudah mengatongi fotocopy KTP para pendukungnya melebihi batas minimal. Seharusnya Ahok tidak perlu merasa takut dan ragu-ragu. Ahok hanya perlu menunjukkan sikap bertanggung jawab dan sportif, serta memberikan kepercayaan kepada
    masyarakat. Dengan begitu dukungan akan datang dengan sendirinya.
    Demikian dari saya. Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
  43. NAMA: SETYA ARIVIANA
    KELAS: XI IPA 2
    Assalamualaikum wr.wb.
    Menurut saya, para calon tidak perlu khawatir jika lewat perseorangan ataupun ikut dalam jalur parpol. Karena dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai yang mengusung ataupun pendukung, melainkan figur calon itu sendiri.
    Sebaiknya Ahok konsisten pada pilihannya dan tidak perlu takut bersaing melalui jalur independen (perseorangan).
    Demikian dari saya. Wassalam.

    ReplyDelete
  44. Nama: Nurul Fadillah
    kelas: XI IPA 2
    Menurut saya, langkah pertama ahok menggunakan jalur independen sudah tepat, namun karena banyak nya calon kepala daerah menggunakan jalur parpol maka membuat ahok menjadi takut, padahal yang akan memilih ahok untuk menjadi kepala daerah adalah masyarakat bukan parpol pendukung calon jepala daerah.
    TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  45. Nama: Nurul Fadillah
    kelas: XI IPA 2
    Menurut saya, langkah pertama ahok menggunakan jalur independen sudah tepat, namun karena banyak nya calon kepala daerah menggunakan jalur parpol maka membuat ahok menjadi takut, padahal yang akan memilih ahok untuk menjadi kepala daerah adalah masyarakat bukan parpol pendukung calon jepala daerah.
    TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  46. NAMA : IRMAYA
    KELAS: XI IPA 2
    Menurut pendapat saya seharusnya pak ahok dalam mengambil keputusan atau tindakan haruslah berpikir lebih dulu dengan matang dan tidak berubah pikiran dan juga mencontohkan yang baik seperti tindakannya yang awalnya pak ahok maju lewat perseorangan ternyata kemudian berpindah ke jalur parpol padahal ia sudah mendapatkan fotocopy KTP pendukung yang jauh melebihi syarat minimal. Dan juga pak ahok membuktikan bahwa dirinya merasa takut kalah dan tidak konsisten dalam melakukan tindakan.
    TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Nama : Taufik Hidayat
    Kelas: XI IPA 3

    Pendapat: . . .
    Menurut saya, langkah zig zag yg di ambil oleh pak ahok itu bukan lah sebuah langkah yg menunjukan ketakutan dan sebagainya. Namun, menurut saya beliau itu plin plan di karenakan memikirkan hasil dari langkah mana yg terbaik. Maka dari itu beliau mengambil langkah zig zag yg bukan berarti langkah karena takut, namun melainkan adalah langkah yg di ambil untuk mempertimbangkan hasil mana yg terbaik dari langkah langkah tersebut.

    Sekian, Terima Kasih.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  48. NAMA : ARIEF WIJANARKO
    KELAS : XI IPA 2
    Assalamualaikum wr.wb
    Kesimpulannya adalah janganlah takut bersaing melalui jalur independen(perseorangan),karena seorang pemimpin harus memiliki jiwa percaya diri. Ahok termasuk cerdik demi kepentingan masyarakat-masyarakat umum. pak ahok yakin dan mampu membuktikan kemampuanya sebagai calon pemimpin entah independen atau pun parpol. karena kemenangan akan datang kepada yang mampu bukan yang mau. Jadi permasalahannya adalah yang menentukan kemenangan dalam pilkada bukanlah partai pengusung dan pendukung melainkan figur calon tersebut. sekian dan terima kasih…………..

    ReplyDelete
  49. Ass.wr.wr
    NAMA : FITRI ASYIAMAH
    KELAS: XI IPA 2
    Pendapat saya adalah Toto Sugiarto si pengamat, belum tentu benar menilai adanya sisi ketakutan dari pihak parpol kepada pilkada DKI, begitu pula dengan calon parpol yang akan mengikuti pilkada " maju via jalur parpol lantaran takut gagal pada verifikasi dukungan KTP untuk calon perseorangan" kata-kata tersebut adalah hal yang sangat tabu jika dilakukan oleh calon parpol dalam hal poliltik. Diilih atau tidah diplih, rakyatlah dan calon figur yang menentukan.
    Sekian terimakasih
    Wassalam.wr.wb

    ReplyDelete
  50. nama : Syafi salsabhila
    kelas : XI IPA 3

    menurut saya langkah yang di lakukan Ahok adalah tepat. untuk mengukur seberapa banyak yang mendukung dilakukannya pengumpulan KTP dan mencapai target. kemudian dilakukan lagi dengan langkah maju jalur parpol dan juga mendapat bnyak dukungan itu merupakan segala upaya untuk mengetahui akan dukungan dari perorangan atau kelompok dan kedua langkah tersebut berlangsung baik.
    Sekian terimakasih
    Wassalam.wr.wb

    ReplyDelete
  51. NAMA:MUHAMMAD SUMANTO
    KELAS:XI IPA 3

    Menurut saya langkah yang dilakukan atau di ambil oleh seorang ahok sangatlah tidak baik,karena sebagai calon gubernur jakarta siapa pun itu harus bersikap tegas dan bukannya plin-plan menempati parpol.Bukan karna mengikuti parpol yang baik maka akan di dukung,tetapi kita sendiri sebagai calon yang harus bisa denkat dengan masyarakat dan dengan penuh kesabaran,ketegasan dan kebijaksanaan.
    terimakasih,inilah pendapat dari saya dan mohon maaf jika ada salah kata.

    by:MUHAMMAD SUMANTO
    WASSALAMU'ALAIKUMM WR.WB

    ReplyDelete
  52. NAMA : RIZA AZMI RIZALDI
    KELAS : XI IPA 3
    Menurut saya,langkah yang diambil ahok cukup tepat melalui jalur parpol, sebab ahok mendapat banyak dukungan dari rekan-rekannya di parpol maupun masyarakat luas.selain itu, ahok Maju via jalur parpol lantaran takut gagal pada verifikasi dukungan KTP untuk calon perseorangan. Hal itulah yang mendasari ahok maju melalui jalur parpol dan meninggalkan jalur independen, padahal ia sudah memiliki fotocopy KTP yang sudah memenuhi syarat batas minimal melalui jalur independen.
    Sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Nama:m.Efendi
    Kelas:XI IPS 2
    Calon pemimpin itu harus mempunyai pendirian atau memiliki sifat konsisten.seharusnya juga ahok jangan takut bersaing melalui jalur perseorangan (independen) apalagi ahok sudah mendapatkan fotocopy KTP pendukung yang jauh melebihi syarat minimal.bukannya takut memilih bersaing melalui jalur independen karena takut tidak akan di dukung parpol.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  55. Nama : Devin Pratiwi
    Kelas : XI IPS 2



    Assalamuailakum wr.wb


    Menurut saya , seharusnya pak ahok percaya terhadap langkahnya untuk memilih jalur perserongan karena dengan berpaling dari jalur perserongan ke jalur parpol akan menimbulkan prodankontra.Dan seharusnya ahok lebih baik memilih jalur persorangan karena fotocopy KTP pendukung jauh melebihi syarat minimal.
    Jadi menurut saya langkah pak ahok kurang tepat , karena parpol bukanlah jaminan untuk memenangkan pilkada tetapi yang menentukan figur calon itu sendiri.

    Sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  56. Nama : Tiesa Amelia Safitri
    Kelas : XI IPS 2
    Menurut saya , pak ahok tidak perlu takut untuk memilih jalur perseorangan karena fotocopy KTP pendukung melebihi syarat minimal. Sebenarnya bukan masalah besar pak Ahok mengambil jalur parpol tetapi pandangan pengamat ketika pak Ahok mengambil jalur parpol ini adalah keputusan yang salah. Jadi menurut saya , pak Ahok tidak 100% salah , pak Ahok hanya waspada karena ingin menang dalam pilkada 2017.

    Sekian dan TerimaKasih

    ReplyDelete
  57. Nama : Syarifah
    Kelas : XI IPS 2
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya, langkah yang di ambil oleh pak Ahok adalah langkah yang tidak benar, karena pak Ahok seperti tidak percaya diri dengan langkah yang ia ambil sebelumnya yaitu melalui jalur perseorangan, padahal pak Ahok sendiri sudah mengantongi fotocopy KTP pendukung yang jauh melebihi syarat minimal. Disini saya juga tidak bisa menyalahkan pak Ahok, karena bisa saja pak Ahok memiliki tujuan tertentu untuk memilih jalur parpol tersebut.
    Sekian dan terima kasih, wassalam.

    ReplyDelete
  58. Nama: Febby Ayu Ningtyas
    Kelas: XI IPS 2

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya pendapat dari saudara Toto Sugiarto ada benarnya mengenai politik menjelang pilkada DKI Jakarta yang menunjukan politik ketakutan. Seperti halnya pak ahok langkah pertamanya maju lewat jalur perseorangan kemudian berpindah ke jalur parpol padahal dia sudah mendapatkan KTP (kartu tanda penduduk) yang jauh melebihi syarat minimal. Yang dilakukan pak ahok ini membuktikan bahwa dia tidak mempunyai keyakinan kuat melalui jalur perseorangan atau takut mengalami kekalahan, padahal yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengungsung dan pendukung melainkan figur calon. Seorang calon harus memiliki sikap yang bertanggung jawab terhadap pilihan nya dan tidak ragu ragu untuk mengambil keputusan, jika sikap itu saja tidak dimiliki bagaimana kedepannya.
    Sekian tanggapan dari saya.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  59. NAMA : NI MADE DWI ARMAWATI
    KELAS : XI IPA 2
    Menurut saya, Ahok yang berada dijalur independen dan berpindah ke jalur parpol, karena tidak di dukung oleh parpol. tindakan Ahok yang tidak konsisten yang pindah melalui jalur perseorangan bisa menimbulkan masalah-masalah atau isu-isu yang tidak baik. kemenangan bukanlah jumlah partai pengungsung dan pendukung melainkan figur calon yang ia kuasai agar menjadi lebih baik dari sebelumnya seperti peneliti senior Toto Sugiarto, menurut dia bentuk politik kali mencerminkan politik dalam pilkada ini, tidak untuk ditujukan bagi mengejar kekuasaan yang dijalankan melainkan demi tercapainya politik indonesia yang baik.
    Sekian dan Terimakasih

    ReplyDelete
  60. NAMA: TAUFIK ALFAZRI
    KELAS: XI IPA 2

    Menurut saya, sebagai seorang pemimpin seharusnya Ahok menunjukkan sifat tetap pendirian dan juga berani. bukannya malah zig-zag. Dulu pak Ahok berusaha mengumpulkan 1 juta KTP sampai-sampai Pak Habiburokhman bilang
    kalau dia akan loncat dari monas kalau sampai 1 juta KTP.Tapi akhirnya berhasil mengumpulkan 1 juta KTP. seharusnya pak Ahok sadar kalau pendukungnya banyak. kalau pak ahok saat Pilkada aja sudah ketakutan, apalagi saat memimpin jakarta. Nanti saat memimpin Jakarta membuat kebijakan-kebijakan malah ketakutan. sebaiknya pak ahok yang berani dan tegas kalau memang mau memimpin DKI Jakarta.
    Sekian dulu komentar dari saya dan Terimakasih

    ReplyDelete
  61. Maulita Shintia Dewi
    XI IPS 2
    asalamualaikum wr. wb.
    menurut saya ahok harus percaya diri dengan keputusannya karna jika ia memilih parpol belum tentu banyak yang memilih. karna parpol dilihat dari figur calon tersendiri yang terpenting lakukan yang terbaik saja.
    wassalamualaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  62. Nama:Rusni Hanifah
    Kelas:XI IPS 2
    assalamualaikum wr.wb
    menurut saya ahok memiliki banyak pendukung sehingga tidak perlu khawatir jika memilih jalur perseorangan,jika lewat parpol belum tentu banyak yang memilih.parpol dilihat juga dari calonnya,bagaimana dia menjalankan pemerintahan.
    sekian dan terimakasih.wassalam

    ReplyDelete
  63. Nama : Ili Rahmah
    Kelas : XI IPA 2

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya Ahok tidak konsisten dengan keputusannya karena dia memilih parpol dari pada jalur perseorangan padahal jika mengikuti jalur parpol belum tentu banyak yang memilih karena parpol dilihat dari colon figur itu sendiri.
    Sekian dan terimakasih. Wasallamuallaikum wr.wb

    ReplyDelete
  64. Nama : Melda Iriyani
    Kelas: XI IPS 2
    assalamualaikum wr.wb
    Menurut Saya,Ahok tidak mempunyai jiwa kepemimpinan ,seharusnya ahok harus mempunyai pendirian yang kuat dan yakin dengan visi misinya sendiri.sebelumnya ahok memilih bersaing melalui jalur perseorangan karena takut tidak akan didukung parpol.
    sekian terimakasih, wassalam

    ReplyDelete
  65. Nama:Mei Syarah
    Kelas:XI IPs 2
    menurut saya toto ada benarnya mengenai politik menjelang pilkada DKI jakarta yang menunjukkan politik ketakutan.misalnya ahok yang awalnya memilih jalur perseorangan karna takut kalah,kemudian ahok memilih jalur parpol.seharusnya ahok tidak perlu takut karena yang menentukan kemenangan itu bukan dari partai politik yang mendukungnya melainkan figur calon tersebut.
    sekian terimakasih.

    ReplyDelete
  66. Nama:Farah Santika
    Kelas :XI IS 2

    assalamualaikum wr.wb
    menurut saya ahok harus percaya diri dengan keputusannya dan tidak plin plan dalam memilih partai politik.
    sehingga menurut Toto, parpol yang takut kalah berupaya mengumpulkan kekuatan semaksimal mungkin. Padahal, lanjut dia, dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung, melainkan figur calon

    ReplyDelete
  67. Nama : Vera Pratiwi
    Kelas: XI IPS 2
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya keputusan yang diambil pak Ahok untuk berpindah dari jalur perseorangan ke jalur parpol itu kurang benar karena pak Ahok tidak konsisten pada keputusan pertamanya yang memilih jalur perseorangan. padahal dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah parpol melainkan fgur calon itu sndiri.
    tetapi disini saya juga tidak bisa menyalahkan pak Ahok mungkin saja alasan berpindahnya kejalur parpol itu adalah kalau pak Ahok maju melalui jalur perseorangan itu sama saja menyudutkan partai politik yang akan memberi efek negatif untuk pengembangan demokrasi.. bisa saja itu juga adalah strategi awal karena menggunakan jalur perseorangan keberhasilan pengumpulan ktp telah menaikkan posisi tawar pa Ahok . suatu peluang bapak Ahok untuk memenangkan pilkada 2017.
    Sekian dan Terima Kasih Wassalam..

    ReplyDelete
  68. Nama : Vena Annesa
    Kelas : XI IPS 2
    Assalamualaikum wr.wb
    menurut saya, masyarakat tidak akan percaya lagi dengan ahok dengan janji ahok untuk mensejahterakan masyarakat karena ahok tidak konsisten dengan pendiriannya yang awalnya memilih jalur perseorangan kemudian beralih ke jalur parpol padahal ia sudah mendapatkan fotocopy ktp(kartu tanda penduduk).
    Sekian dan terima kasih, wassalam

    ReplyDelete
  69. Nama : Rizki Anton Ramadhani
    Kelas : XI IPS 3
    Menurut saya ,itu adalah hak ahok dalam memilih jalur politiknya . Tetapi sebaiknya ahok lebih percaya diri dan berani dalam mengambil keputusan . Sebab jalur perseorangan maupun jalur parpol itu sama haja . Karena dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukanlah jumlah partai pengusung dan pendukung melainkan figur calon

    ReplyDelete
  70. Nama : Helda Wati
    Kelas : XI IPS 2
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya keputusan Ahok tidak konsisten hanya karena takut tidak akan di dukung, sebelumnya ahok memilih melalui jalur perseorangan karena takut tidak akan di dukung parpol tapi kemudian memutuskan sebaliknya maju via jalur parpol lantaran takut gagal pada verifikasi dukungan KTP untuk calon perseorangan. bukankah itu sangat tidak konsisten dalam mengambil keputusan padahal dalam pilkada yang menentukan bukanlah jumlah partai pendukung, melainkan figure calon. memang sih keputusan ahok untuk memilih melalui jalur manapun itu haknya dia tapi saya rasa benar kata toto keputusan ahok ini menggambarkan ketakutan, seharusnya jika ingin mengambil keputusan dipikir dulu benar-benar agar tidak terjadi kealahan yang membuat orang lain berpikir buruk tentang keputusan yang kita ambil. konsistenlah dalam memilih.
    sekian dan terimakasih, wassalam...

    ReplyDelete
  71. Nama:Winda
    Kelas:XI IPS 3
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya langkah yang diambil ahok sangat plinplan,masyarakat sudah bersedia mendukung jalur perseorangan.menurut saya seberapa yakin anda ingin menjadi pemimpin jangan takut karna tidak ada yang mendukung.percayailah diri anda sendiri dan jadilah figur yang kuat sebagai contoh seorang pemimpin.
    sekian terimakasih,wassalam.

    ReplyDelete
  72. Nama : Syifa khususdur
    Kls : XI IPA 2
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya pak ahok tidak tidak konsisten dengan pendiriannya yang awalnya memilih jalur perseorangan kemudian beralih ke jalur parpol padahal ia sudah mendapatkan fotocopy ktp. Pak ahok pun sepertinya sudah menunjukkan karakter dirinya yang bimbang, ragu-ragu, serta ingin memutuskan dengan cepat. Untuk pemimpin, karakter ini memang kurang bagus. Karena pemimpin akan diteladani dan dicontoh oleh masyarakat indonesia, serta bukan hanya bagaimana mengeksekusi program-program.
    sekian terimakasih

    ReplyDelete
  73. Nama:Fikri arisado
    kelas:XI ips 2

    Menurut saya keputusan pak ahok sudah tepat memilih jalur parlemen, karna mungkin saja dengan keputusan tersebut mendapatkan dukungan lebih banyak dari berbagai pihak khususnya partai pengusung itu sendiri.
    sekian dari saya terimakasih.

    ReplyDelete
  74. NAMA:MANSURI
    KLS:XI IPS 2
    Saya setuju dengan keputusan pak ahok memilih ke jalur parlemen,karena dengan pak ahok memilih ke jalur tersebut maka akan memiliki dukungan dari partai yang dia pilih.
    sekian dari saya terimakasih.

    ReplyDelete
  75. Nama: m. yahya
    kelas:XI IPS 2
    saya setuju dengan pak ahok memilih ke jalur parlemen karena mukun saja dengan keputusan tersebut mendapat dukungan lebih banyak,karena dengan pak ahok memilih jalur tersebut mka akan memiliki kesempatan menang lebih besar

    ReplyDelete
  76. Nama: khairil hidayat
    Kelas:XI IPS 2

    menurut saya keputusan pak ahok sangat bagus
    memilih ke jalur parlemen karena mukin saja keputusan tersebut mendapat dukung lebih banyak dari berbagai pihak khususnya partai pengurus tersebut.
    sekian dari saya terima kasih.

    ReplyDelete
  77. Nama:Made adi kesuma
    Kelas:XI IPS2
    Menurut saya keputusan Ahok tidak konsisten hanya karena takut tidak akan mendapat banyak dukungan.
    mungkin saja alasan pak ahok pindah kejalur parpol adalah jika melalui jalur perseorangan itu sama saja menyudutkan partai politik yang akan memberi efek negatif untuk pengembangan demokrasi.
    oleh karena itu, pak ahok memilih jalur parpol dari pada jalur perseorangan.
    sekian dari saya terima kasih.

    ReplyDelete
  78. Nama:ilkham adha
    Kelas:XI IPS2
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya,langkah yang diambil pak ahok cukup tepat melalui jalur parpol, sebab pak ahok mendapat banyak dukungan dari rekan-rekannya di parpol maupun masyarakat luas.
    oleh karena itu, pak ahok lebih memilih jalur parpol daripada jalur perseorangan karena untuk mendapat dukungan lebih banyak dari rekan-rekannya di parpol.
    sekian terimakasih,wassalam.

    ReplyDelete
  79. Nama : Salma Saphira
    Kelas : XI IPA 2
    Assalamualaikum wr wb
    Menurut saya, pa ahok tidak konsisten alias plin plan tidak tetap pedirian. sebelum nya pa ahok memilih jalur independen untuk melakukan pilkada kemudan ia mengubah keputusannya dengan memilih jalur parpol. sebab pa ahok takut jika ia kembali terpilih menjadi gubernur ia tidak akan di dukung oleh parlemen. seandainya ia tetap memilih jalur independen ( teman ahok) dan terpilih menjadi gubernur. pa ahok tidak perlu takut kalau ia memimpin dengan baik, adil , jujur, dan terbuka insyaallah parlemen akan mendukungnya.

    Sekian dari saya Terimakasih,
    wassalamuallaikum wr wb

    ReplyDelete
  80. Nama : Alfina Maulia
    Kelas : XI IPA 2
    Assalamualaikum wr wb
    Menurut saya, pa Ahok kurang percaya diri sebelumnya pa Ahok memilih jalur independen itu sudah sangat bagus apalagi dengan adanya fotocopy KTP pendukung yang jauh melebihi syaarat minimal. berpindahnya pa Ahok takut tidak didukung oleh parpol padahal dalam pilkada yang menentukan kemenangan bukan dari jumlah partai pengusung dan pendukung melainkan calon figur itu sendiri.
    sekian dari saya dan Terima kasih
    wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  81. saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
    pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
    gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
    kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan
    nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
    angka yang kemarin di berikan 4D yaitu 6377 TGL 01-09-2016
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat Rp.250.juta
    bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri
    apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
    jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
    ini nomor hp -> (-082-370-357-999-) MBAH SERO
    demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
    atau silahkan buktikan sendiri..

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.