Saturday 21 November 2015

Evaluasi Bab III

Minggu ke-3 November adalah saat-saat nyantai untuk guru dan saat melelahkan bagi siswa di kelas PKn. Ingat nak dengan pepatah bijak ini saat kau merasa uyuh a.k.a lelah:
Ketika Kau Merasa Lelah, Berarti Ada sesuatu yang Kau Perjuangkan!
Super sekali, ibuuuuk! SUPEEER!!!*salim*. 
Saat itu adalah saat evaluasi alias ulangan. Bahasa kuliahnya kuis. Jadi setelah materi selesai kita musti lakukan evaluasi dong seberapa jauh pemahaman siswa mengenai materi yang sudah diberikan. Evaluasi penting agar guru dapat mengetahui kemampuan siswa. 
Evaluasi yang saya pilih adalah open book. Siswa boleh membuka catatan, tetapi mereka tidak boleh berdiskusi atau bertanya kepada temannya. Siswa mengerjakan minimal 5 soal. Kalo lebih boleh, kalo kurang boleh juga. Boleh dilempar pakai spidol. Hehe. Okeh, lets cekidot pembahasan soalnya. 
  1. Mengapa keterbukaan pemerintah dalam melaksanakan berbagai programnya sangat penting bagi kehidupan masyarakat? Jawaban: Karena keterbukaan menunjukkan perwujudan sikap jujur, rendah hati, dan adil. Keterbukaan pemerintah dalam melaksanakan berbagai programnya menunjukkan tidak ada yang ditutupi dalam pelaksanan program tersebut. Pemerintah melaksanakan program sesuai dengan prosedur resmi yang sudah ditentukan sehingga tidak merugikan masyarakat umum.
  2. Seorang karyawan baru bekerja dengan sebaik-baiknya, bahkan lebih baik dari karyawan lama. Ia bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan dengan cepat dan hasilnya baik. Apabila Anda adalah seorang atasannya, keadilan manakah yang akan Anda terapkan pada karyawan tersebut?  Jawaban: Seandainya saya adalah atasannya, saya akan menerapkan keadilan distributif. Keadilan distributif adalah keadilan yang diberikan kepada seseorang sesuai dengan jasa-jasa yang diberikan. Apabila karyawan tersebut adalah karyawan yang pantas mendapat pujian dan imbalan karena jasa2nya lebih meskipun karyawan baru, saya akan memberikan pujian dan imbalan.
  3. Salah satu ciri keterbukaan adalah bersikap hati-hati dan selektif dalam menerima dan mengolah informasi. Jelaskan maksud pernyataan tersebut! Jawaban: Salah satu ciri keterbukaan adalah bersikap hati-hati dan selektif dalam menerima dan mengolah informasi. Maksudnya, apabila ada kabar atau informasi tidak boleh langsung dipercayai. Harus dicek kebenarannya. Cara mengecek kebenarannya adalah dengan bertanya langsung pada sumber informasi atau mencari informasi dari segala sisi. Informasi yang tidak jelas sumber dan tidak dapat dikatakan sebagai fakta tidak boleh dipercayai karena dapat menimbulkan permasalahan dan konflik.
  4. Apakah Indonesia sudah menjadi clean government? Jelaskan pendapatmu! Jawaban: Clean government adalah pemerintahan yang bersih ditandai dengan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah yan semakin baik. Indonesia belum menjadi clean government karena masih ada beberapa program pemerintahan yang tidak dipahami oleh masyarakat seperti proyek pembangunan di DPR. Kepercayaan masyarakat kepada pemerintah juga belum tinggi karena ada program pemerintah yang dianggap tidak memihak rakyat, misalnya program rumah susun bagi buruh dan kalangan pekerja.
  5. Apakah arti penting hukum sebagai jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Jawaban: Jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangat penting karena dengan adanya jaminan keadilan, masyarakat dapat beraktivitas, berusaha, dan bekerja dengan baik dalam kondisi kondusif. Jaminan keadilan hanya dapat diwujudkan dengan keberadaan hukum yang mengatur kehidupan dalam masyarakat. Kebebasan seseorang dibatasi oleh kebebasan orang lain sehingga tidak ada yang mendominasi atau menguasai orang lain.
  6. Apakah yang dimaksud dengan asas larangan kesewenang-wenangan? Berikan contoh asas larangan kesewenang-wenangan dalam masyarakat? Jawaban: Kesewenang-wenangan adalah keputusan yang tidak mempertimbangkan semua faktor secara lengkap dan wajar. Contohnya dalam masyarakat adalah seorang lurah yang memutuskan perselisihan dua anggota masyarakatnya tanpa pertimbangan sesuai fakta, hanya berdasarkan pada salah satu pihak saja.
  7. Apakah yang akan terjadi apabila aparat negara terus menerus melakukan praktik KKN? Apakah ada dampaknya bagi masyarakat? Jawaban: Negara akan menjadi mobokrasi (okhlokrasi), yaitu pemerintahan yang kacau, bobrok, hukum dan keadilan sulit ditegakkan. Akibatnya, masyarakat akan menderita, tidak akan maju karena terhalang praktik KKN.
  8. Jelaskan peran masing-masing aktor (negara dan pemerintahan, sektor swasta, dan masyarakat) dalam suatu negara? Jawab: Negara dan pemerintahan memiliki peran dalam bidang hukum, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan membangun lingkungan yang kondusif bagi tercapainya tujuan pembangunan. Sektor swasta berperan dalam penyerapan tenaga kerja, mengembangkan sumber penerimaan negara, mengembangkan dunia usaha, dan merangsang pertumbuhan ekonomi nasional. Masyarakat madani berperan sebagai orang yang aktif mendukung terwujudknya pemerintahan yang baik.
  9. Anda melanggar peraturan di jalan. Oknum polisi menghentikan Anda dan meminta uang sebagai ganti surat tilang yang akan diberikan kepada Anda. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan? Jawab: Tindakan yang akan saya lakukan adalah menolak upaya damai tersebut dan berkata dengan baik bahwa saya akan menerima konsekuensi dari pelanggaran yang saya lakukan.  
  10. Tuliskan solusi yang dapat Anda tawarkan untuk mengurangi tindak KKN! Jawaban: Solusi untuk mengurangi tindak KKN sebagai berikut: Melalui pendidikan kewarganegaraan di sekolah. Sosialisasi bahaya korupsi, dan Pemberian hukuman yang berat, misalnya memiskinkan koruptor.

Overall *ehem*, nilai evaluasi siswa kali ini LUAR BIASA! SEMPURNAA! DAEBAK! JJANG! Ini kalo open book, coba ya besok kita evaluasinya normal aja. Artinya, siswa belajar semalaman, buku dikumpulkan, dan jawablah soal tanpa bantuan siapapun! Bahkan Lee Min Hoo Oppa pun tidak boleh ngebantuin! Kali ini yang beruntung saya jepret dan dijadikan pemanis alami postingan kali ini adalah XI IPA 2 dan 3 juga XI IPS 2 dan 3. 


IPS 3
IPA 3
IPA 2
IPS 2
Minggu depan saatnya permainan. Ice breaking ceritanya. Biar tidak monoton dan suasana damai tetep terjaga :))
Yuuk dhadha bye byeeeee :)))

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.