Saturday 28 November 2015

Let's Run!

Minggu keempat November 2015 menjelang ulangan akhir semester 1 saatnya permainan!! Ice breaking istilah kerennya :). Kakak *heh?!?!* *abaikan* adalah penggemar Running Man (RM), reality show dari Korea Selatan yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi, berbeda dengan sodaranya si Korea Utara yang bersistem pemerintahan diktator dengan tanda, penerus Kim Jong In, Kim Jong Un ahjussi sukanya meng-edor orang yang dianggap lawan politiknya dengan semena-mena tanpa perasaaan! Lebih kejam dari pada dijadikan butiran debu oleh seseorang. Ya kan? 
Oleh karena maka dari itu, boleh dong kita melakukan permainan ala2 RM dengan tetap berpedoman pada kurikulum 2006. Hehe. Kita anggap kegiatan pembelajaran kali ini adalah pendalaman sebelum melakukan check and recheck siapa siapa saja yang nilainya perlu dituntaskan. 
Mekanismenya sederhana. Sesederhana menyelesaikan persoalan antara SM dan YJY *apa pula ini?!?!*. Ada enam kelas yang saya ajar dengan jam pelajaran berbeda, makanya perlu petunjuk yang berbeda. Menyesuaikan dengan posisi parter saya, Miss Rara. Untungnya posisi Miss Rara normal2 saja. Coba bayangkan misalnya Miss Rara ada di atas pohon. Petunjuk apa yang harus saya beritahukan kepada siswa? Sulit teman. hehe. Di bawah ini adalah petunjuk untuk kelas XI IPS 1. Sayang, petunjuk ini mubazir gara2 saya musti menunaikan tugas negara ke Angsana *ehem*. 
Let’s Run!
Aturan main:
  1. Buat nama kelompok dan yel-yel sesuai dengan materi dalam PKn!
  2. Temukan Ibu Rara! Di manakah beliau?  Beliau ada di sebuah ruang dengan ciri-ciri sebagai berikut: Sebelah Barat Lapangan Futsal.
  3. Setelah menemukan Ibu Rara. Mintalah pertanyaan kepada beliau. Hanya satu wakil yang masuk ruangan, yang lain berlatih yel-yel. Ketika masih ada kelompok lain yang menemui Ibu Rara, harap ANTRI.
  4. Jawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang paling tepat.
  5. Sebelum menjawab semua pertanyaan dengan benar, tidak boleh masuk ke kelas kembali! 
  6. 15 menit sebelum waktu pelajaran berakhir semua sudah harus mengumpulkan jawabannya. Siapa yang paling cepat, kelompok itulah pemenangnya. 
  7. Kelompok yang tidak kembali sebelum waktu pelajaran berakhir harus membersihkan dan merapikan kelas!
Sebelum mereka bermain, saya bentuk kelompok seenak saya. Saya memutuskan untuk membentuk kelompok secara otoriter. Ini adalah misi saya untuk memisahkan siswa dari kelompok inti mereka, maksudnya biasanya kan siswa suka mengelompok berdasarkan kedekatan. Ada yang dekat karena berfandom sama, EXO-L misalnya. Ada pula yang mengelompok berdasarkan tingkat kejeniusan mereka. Mereka harus berbaur! Semua harus berteman! Tidak ada boleh yang bersikap ekslusif. 
Setelah pembentukan kelompok selesai, saatnya menjawab pertanyaan. Untuk kelas awal, saya belum kasih pertanyaan. Suasana ricuh dan rusuh terjadi saat sesi menjawab pertanyaan untuk menentukan kelompok mana yang duluan melakukan misi kali ini. Pertanyaan yang saya ajukan normal2 saja kok, misalnya berapakah member Super Junior, Siapakah pendiri SM, Siapakah member EXO yang keluar *Diih*. Yaa, gitu2 aja. Haha. Becanda. Pertanyaan yang menyangkut PKn dong, broo! Misalnya siapakah ahli yang mengemukakan mengenai keadilan distributif, kodrat alam dll? Ada juga pertanyaan mengenai sosok yang lagi hepening saat ini, Siapakah ketua DPR? Yaa, standar lah. Kelompok yang berhasil menjawab soal maju untuk menerima petunjuk berikutnya. 
IPS 3 berkonsentrasi penuh dengan kertas di depan mereka 
Kelompok terakhir dari IPS 2 yang keluar. Dengan satu2nya Fahri sebagai imam mereka. Hehe
Setelah semua kelompok membaca petunjuk yang diberikan, maka saat itu juga misi dimulai! Run students run!
Cari bu rara! CARI!
Petunjuknya macem2 sih. Ada yang dapet petunjuk "salah satu lembaga ekonomi,". Untung pada tahu kalo jawabannya koperasi. Coba kalo pasar. Bisa2 saya nitip beli ikan ke mereka *enggak lucu ibuu*. 

Ahaaaa!! Itu Miss Rara!! Cepat tangkap beliau sebelum melarikan diri ke Angola! *abaikan kecantikan ibu Rini dulu, teman*
Pertanyaannya gampang saja. Reaksi siswa standar sih, cuma istigfar saja. Mudah lo sebenarnya, cekidot di bawah.

  1. Apakah visi misi dari kedua calon bupati Tanah Bumbu periode 2015-2020?
  2. Carilah satu artikel di koran mengenai contoh pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Setelah mendapatkan artikel, salin artikel tersebut dan berikan komentar di bawah artikel tersebut!
  3. Lakukan pengamatan di lingkungan sekolah. Tuliskan contoh keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah sebanyak-banyaknya! 
Untuk dua kelas terakhir hari Sabtu, pertanyaannya saya tambahi satu, yaitu menuliskan visi misi calon ketua OSIS yang baru saja dilaksanakan. Daaan mulailah siswa merampungkan misi mereka. Ada yang ke perpustakaan, ada yang ke kelas X untuk menanyakan visi misi calon ketua OSIS. Ada pula yang di pojokan saking frustasinya *lebhai*. 
Ini kelas IPS/IPA berapa? Hayooo ngakuu??
Ini jelas muka-muka IPA 2
Kelas IPA 1 sedang melakukan rehearshal menjelang perform yel2
Antri nungguin giliran ke Miss Rara. Foto bawah dua kali muncul. Anggep saja rejeki
IPA 3 beraksi. Duh, Septa ente ngapain dha dha? Emang jumpa fans? 
IPS 3 beraksi 
Kembali IPA 3 
Kelompok yang berhasil menyelesaikan misi paling cepat dan juga menampilkan yel-yel paling yahud mendapat poin plus plus

Kelompok pertama dari kelas XI IPS 3 yang berhasil berhasil hore menjadi yang pertama
Sementara kelompok terakhir mendapat hukuman membersihkan kelas. Sayang saya lupa mendokumentasikan. Gara2 si Sarwo Edi yang live report entah apaan :). Untuk kelompok yang belum menampilkan yel2, saya minta pada istirahat kedua untuk tampil di depan kelas. Siswa dari XI IPA 3 dengan semangat 45 mendatangi saya mengemukakan bahwa mereka siap lahir batin perform! Keren nak! Kalian KEREN! JJANG! Kalian adalah siswa bertanggung jawab dan siap menjadi suksesor Super Junior! 
Gladi resik dulu brooo!
Lakasi Lakasiii keburu tambah banyak penontonnya
Mustinya tiap kelompok ada VJ-nya masing-masing yak? Haha. Mau KBM ato syuting? Yaah, semoga pembelajaran ini termasuk pembelajaran menyenangkan seperti yang diamanatkan oleh Menteri Pendidikan Indonesia. Siapaaa? Yees, Mr. Anies Baswedan. Tapi gak selalu kayak gini ya, kadang pembelajaran di kelas. Kadang duduk manis mendengarkan sambil tanya jawab, kadang tugas kelompok, kadang presentasi. Yang belum pernah kosong tanpa tugas ya? Oke, kita akan lakukan kapan2 *di SP Pak Said*. Semoga di kelas saya gak ada kejadian pelajaran kosong tanpa tugas dan tanpa keterangan di manakah gurunya. Dulu pernah mendengar dari Pak Joko Rakito, kepala SMK N 11 Semarang bahwasana mengajar adalah tugas utama guru. Kalo gak ngajar, tanggung sendiri akibatnya. Ngeri hore book! 
Okeh, cukup sekian dan terimakasih. Kita bertemu di minggu pertama Desember. Duh, indahnya kata Desember itu :)). Sebenarnya saya ada video ketika siswa perform. Ntar deh di apload di Youtube. 

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.